Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Terdampar di Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Pasang Iklan
Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Udara pagi yang begitu hangat, awan tertutup tipis mega hitam. Sang surya malas untuk menampakan kejantanannya. Sinar yang dipancarkannya tidak segarang seperti biasanya. Jalan-jalan tampak sepi dengan lalu-lalang roda-roda kendaraan. Ya, hari ini adalah hari libur sekolah. Lalu-lintas tampak lengang sekali. Saya bisa berpacu dengan kuda besi tanpa hambatan.

Kali ini saya ingin jalan-jalan ke Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang. Konon katanya terminal terbesar se Asia Tenggara. Dan memang betul, terminal ini sungguh luas sekali. Gedungnya pun berlantai tiga. Saya sudah dua kali menginjakan kaki di terminal ini, tapi tetap saja dibuatnya keder. Kebingungan.

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Terminal yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada tanggal Rabu, 28 Desember 2016 sepertinya belum begitu bergairah. Geliat perekonomian masih tampak lesu. Kios-kios masih banyak yang kosong. Sepi dari transaksi jual-beli. Sampai saya pun terbawa rasa takut untuk membeli sesuatu. Takut harganya mahal.

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Terminal modern yang dirancang begitu hebatnya. Fasilitas yang lengkap, mirip di Bandara. Tapi belum menampakan gigi taringnya. Ya itu, seperti yang saya sebutkan diatas, masih banyak kios yang belum dimanfaatkan. Seandainya adapun, pengunjung masih enggan untuk mendekat. Lantai dasar begitu indah, luas dan bersih membuat saya nyaman sekali. Suasananya mirip seperti di mal. Sehingga saya lupa, bahwa ini adalah terminal bus.

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang
Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang

Untuk penjualan tiket bus berada di lantai dua. Nah, disini ini kesan terminal modernnya jadi hilang. Loket penjualan tiket rada-rada unik dan lucunya juga. Ada loket dalam ruangan sempit, ada yang hanya menggunakan meja kecil. Sesekali ada teriakan orang yang menawarkan tiket busnya. Ruang duduk/tunggu calon penumpang pun sangatlah terbatas. Yang jelas tampak semrawut. Kenapa loketnya tidak dibuat luas, sehingga jarak antar loket tidak begitu berhimpit.


Tapi ada hal yang menarik bagi saya dilantai dua ini adalah kamar kecil atau toiletnya bersih. Tidak ada kesan jorok. Skat-skat kamar kecilnya rapi, sudah begitu gratis pula. Tidak ada kotak amal atau pungutan.

Saya pun menyempatkan naik ke lantai atas. Bus dan angkutan dalam kota berbaris dengan apik dan tertib. Saya bisa memandang hamparan cakrawala luas. Sungguh luar biasa terminal ini. Alamat Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gadung berada di  RT.11/RW.3, Pulo Gebang, Cakung, Kota Jakarta Timur, 13950. Indonesia.

Pasang Iklan
Iklan

14 komentar

Wuih kece ya Mas, kalah nih KL sentral. Semoga penggunanya bisa memanfaatkan dengan baik dan turut menjaga fasilitas yang ada

Semoga lebih tertata agar tampak rapi.

baca judulnya podo wong ndeso mlaku ning Jakarta terdampar , ora popo bang yang penting tidak tercyduk satpol PP, ini melalukan liputan indah nan ciamik , eh iya itu free wifi tidak bang seperti di bandara

Kalau gak salah ini gantinya terminla Pulogadung ya mas? keren ya.Sekarang dekat sama Pool Bis jadi gak pernah keterminal lagi kalau Pulkam

Baru tau kalau di Pulo Gebang ada terminal sebagus itu. Tp kog spt sia sia ya dibuatnya? Sepi dan tak bergairah gitu. Apa kurang promosinya ya?

Sayang sekali ya kang, terminal terbesar di asia tenggara, tapi seperti kurang terawat. Semoga pihak terkait segerta turun tangan memperbaikinya.

Imi terminal yang baru itu ya, beberapa kali melintas, belom kihat ke dalamnya.

wuidih banget tuh terminal, bagi orang jaman dulu seperti mang admin tentu mulutnya nganga ketika pertama masuk lobi terminal terpadu ini....iya kan mang?
awas ada lalet ijo mang

oh ya, ini terminal terbesar se Asia Tenggara. wah, saya jadi pengen meliahtanya,selama ini kalau naik busway jurusan pulo gebang, gak sampe ke terminalnya, cuma sampai halte walikota dong, dikiiiit lagi ya, hihihi

Keren terminalnya.
Terminal di sini malah kondisinya memprihatinkan. Jadi serem mau masuk.

Wah ada mall-nya juga ya, konsepnya macam MRT station yang di atasnya ada mall. Tapi masih sepi juga ya, mungkin kurang promonya.

saya malah belum pernah ke Terminal Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang Mas, Mas DJ saja bingung, apalagi saya kalo ke situ yah hahaa

Belum kesampaian main ke terminal bus terpadu yang baru ini, keren banget dalamnya tuh terminal.

saya suka dengan tulisan mas bagian ini:

Udara pagi yang begitu hangat, awan tertutup tipis mega hitam. Sang surya malas untuk menampakan kejantanannya. Sinar yang dipancarkannya tidak segarang seperti biasanya. Jalan-jalan tampak sepi dengan lalu-lalang roda-roda kendaraan. Ya, hari ini adalah hari libur sekolah. Lalu-lintas tampak lengang sekali. Saya bisa berpacu dengan kuda besi tanpa hambatan.

terlihat mas pandai merangkai kata.. enak dibaca. jujur saya kuliah di jurusan bahasa indonesia hehe saya mengagumi tulisan mas yang rapi

Terimakasih atas kunjungannya.

IBX59AAC28D63346
  0818 0633 2020
  Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top