Seberapa Penting Channel YouTube Bagi Seorang Blogger?

Seberapa Penting Channel YouTube Bagi Seorang Blogger?

Sebuah pertanyaan dari Sahabat, " Seberapa penting channel YouTube bagi seorang Blogger? ". Pertanyaan yang sangat menarik sekali. Sebuah pertanyaan yang menguji kadar keilmuan saya tentang dunia blogging. Walau sebenarnya, saya mah tetap seorang blogger newbie. Karena apa? karena dunia blogging itu  sungguh dinamis. Berkembang mengikuti zaman, ilmu yang lalu dianggap mumpuni, kini tidak berguna lagi. Tidak ubahnya seperti penampilan blog, khususnya blogspot, hampir tiap tahun mengalami pembaharuan. Bahkan sekarang blogspot sudah ada template/tema bergaya responsive.

Paragraf diatas sebagai awal pembuka pembicaran saja. Kembali kepada pernyaan tersebut, channel YouTube sangatlah penting bagi seorang blogger, apalagi blogger yang bergelut dalam dunia bisnis, entah online maupun offline. Coba kita perhatikan, hampir semua marketplace atau portal ternama memiliki channel Youtube. Tujuannya apa? Agar situs/webnya bisa lebih dipercaya oleh kalayak banyak. Bahwa keberadaan bisnisnya benar-benar nyata  dan ada. Bentuk fisiknya bisa dipertanggungjawabkan.

Dan channel YouTube juga mampu mendongkark SEOSeach Engine Optimization ) dimesin pencari. Di channel YouTube kita bisa menempatkan link/URL blog kita, entah di header maupun disetiap description/keterangan video yang kita unggah. Atau mungkin diintro video. Dengan demikian, web/situs kita akan lebih dikenal banyak orang.


Kenapa saya menyarankan untuk membuat channel YouTube? Menurut survai orang-orang pintar, " Bahwa masyarakat Indonesia, budaya membaca itu masih minim, lebih suka menonton ". Dan bagi seorang blogger yang memburu dolar, channel YouTube lebih tepat. Karena pergerakan dolar lebih cepat naik. Dan tidak kalah pentingnya, membuat channel YouTube itu gratis! Tunggu apalagi?

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top