Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Keharusan Registrasi Ulang SimCard Prabayar Akankah Berjalan Mulus?

Pasang Iklan
Keharusan Registrasi Ulang SimCard Prabayar Akankah Berjalan Mulus?

Registrasi kartu SIM seluler prabayar mulai diberlakukan sejak 31 Oktober 2017. Paling lambat registrasi dilakukan hingga 28 Februari 2018. Kebijakan tersebut ditetapkan melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nomot 14 Tahun 201. Dengan adanya peraturan tersebut, dikampung saya jadi riuh, orang jadi sibuk menanyakan cara daftar ulang registrasi simcard telephonenya. Ada kakwatiran dan takut jika kartu SIM telephonenya kena blokir, jika sampai lupa registrasi ulang.

Kartu SIM Telephone
 
Formatnya sangatlah mudah, Anda hanya tinggal kirim pesan/SMS ke nomor tujuan 4444.

Format Registrasi SimCard Baru :
  • Telkomsel : Reg#NIK#NomorKK#
  • Indosat : NIK#NomorKK#
  • XL/Axis : Daftar#NIK#NomorKK#
  • Smartfren : NIK#NomorKK#
  • Tri(3) : NIK#NomorKK#
Format Registrasi Ulang Nomor SimCard Lama :
  • Telkomsel : ULANG<Spaci>#NIK#NomorKK
  • Indosat : ULANG#NIK#NomorKK
  • XL/Axis : ULANG#NIK#NomorKK
  • Smartfren : ULANG#NIK#NomorKK
  • Tri(3) : ULANG#NIK#NomorKK
NIK, Nomor Induk Kependudukan yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau yang tertera dikolom Kartu Keluarga (KK). Dan Nomor KK (Kartu Keluarga) yang tertera dibawah judul pada Kartu Keluarga. Pada intinya, sebelum registrasi simcard yang perlu Anda siapkan adalah KTP dan KK.

Dalam hal ini, yang menarik adalah registrasi ulang SimCard prabayar membatasi 1(satu) orang dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP hanya boleh memiliki 3(tiga) SimCard. Jika ingin memiliki lebih dari tiga kartu SIM, Anda harus datang ke gerai operator agar tercatat dengan jelas.

Apakah kebijakan registrasi ulang kartu SIM dengan nomor KTP dan KK ini bisa berjalan mulus? Apakah sesuai dengan waktu tenggang yang ditentukan? Kalau menurut pendapat saya pribadi, sepertinya akan banyak menemui kendala. Dan saya perkirakan bisa molor dari tenggatnya (tenggang waktu).

Kartu SIM yang beredar di negara kita itu, konon jumlahnya melebihi jumlah penduduk Indonesia. Mencapai 300 jutaan simcard. Sungguh luar biasa bukan? Kenapa bisa begitu? Karena untuk mendapatkan simcard prabayar, mudah sekali. Disamping harga murah, bahkan ada yang gratis. Ada sebuah operator yang membagi-bagikan secara percuma/gratis kepada karyawan disebuah pabrik.

Disamping itu juga, letak biografis negara kita juga sungguh luar biasa beraneka ragam. Pada umumnya gerai-gerai operator adanya di perkotaan dan itupun jumlahnya terbatas. Bagaimana dengan pengguna simcard yang ada dipelosok? Ini yang harus menjadi bahan pertimbangan juga.

Pada intinya seh, saya sangat setuju dan mendukung dengan peraturan Kominfo ini. Agar kartu SIM tidak disalah gunakan untuk menipu atau meneror. Dan semoga saja, dengan peraturan ini tidak ada lagi persaingan tarif yang begitu menggila antar sesama operator. Harga kuota internet maupun telaphone dibatas kewajaran. Kualitas layanan juga lebih diutamakan.

Pasang Iklan
Iklan

19 komentar

semoga tarif internet makin murah, jadi ga perlu ganti2 kartu lagi aamiin

Nah itu mungkin tujuannya :)

Feeling saya jg begitu mas, contohnya KTP kemaren. Seharusnya kan data kependudukan kita saling terintegrasi diawali ya dari KK/KTP lalu ke BPJS, SIM card, dll

Wah..sependapat dengan saya nih :)

belum sempat daftar ini, agak ribet soalnya bang 😅

Mudah kok, ayo registrasi ulang.

aku belum daftar nanti klo keblokir beli lagi, hehe

kunjungan malam gan.yang penting internet lanjar jaya gan...heee..hee..makasih pencerahannya..

Bagaimana orang seperti saya, yang beli paket internet dan langsung buang no nya jika sdh hbs yaa, hehe

Tapi klo no utama sudah dari 8 tahun yang lau daftarnya pake KTP, cuma g pake KK doang

Harus registrasi ulang. Pakai KTP dan KK.

Alhamdullillah sudah semua saya daftar ulang
satu kartu yang tidak terpakai
karena hanya 3 kartu saja

nunggu tenggang waktunya agak mepet ah mas Djangkaru. lihat lihat dulu yg sudah registrasi. aman apa ngak..hehe

saat ini memang lg rame2 nya registrasi ulang kartu prabayar ya mas

semoga berjalan lancar

Bener banget tuh kang.. kita mah dukung 100 persen pemerintah ya... btw kan banyak tuh maling2 pas ditangkap data d hp tidak sesuai dengan data sebenarnya..

saya setuju juga, positif thinking saja, ada aturan ada kebaikan bersama

kartu saya malah belum saya registrasikan ulang y abisnya saya suka gonta ganti kartu khususnya kartu internet, kalau gonta ganti kartu dg registrasi data yang sama bisa mayan banyak yah mas datanya wkwkwkkkw

Terimakasih atas kunjungannya.

IBX59AAC28D63346
  0818 0633 2020
  Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top