Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Manfaat Daun Binahong Mempercepat Penyembuhan Luka Jahitan Operasi

Pasang Iklan
Manfaat Daun Binahong

Tanaman binahong hidupnya menjalar. Dikampung saya, mungkin hanya sedikit yang mau menanamnya. Sebenarnya pohon binahong mudah tumbuh dan perawatannya sangatlah praktis. Bisa ditanam di dalam pot. Atau ditanam di pekarangan rumah, yang selanjutnya nanti dibuatkan tali sebagai jalur rambatannya. Lebih rapi lagi jika dibuatkan pagar bambu, biar nanti pertumbuhan dedaunan binahong tampak lebih segar. Tidak disangka ternyata manfaat dari daun binahong sungguh luar biasa.

Manfaat Daun Binahong
Manfaat Daun Binahong

Awal mula sebelum mengenal manfaat daun binahong. Saya membeli obat penyembuhan luka jahitan setelah operasi, ke apotik dan obat racikan yang harganya lumayan mahal sekali, enam kapsul harganya sejuta lima ratus ribu rupiah. Obat dari dokter rumah sakit tidak bisa mengeringkan luka jahitan. Ya, itulah terpaksa saya mencari obat sendiri, pindah dokter dan pindah opetek sana-sini. Enam bulan lamanya baru menemukan dokter dan obat yang cocok. Luka jahitan baru kering dan sembuh.

Manfaat Daun Binahong

Itu pengalaman sebelum mengenal daun binahong. Kini, salah satu keluarga saya harus dioperasi jahit kembali. Pastinya ada perasaan was-was dan takut luka jahitan tidak mengering dan memakan waktu lama penyembuhannya. Seperti yang sudah-sudah. Peninglah kepala.

Berkat informasi dari salah satu sahabat, setelah operasi jahitan disuruh makan daun binahong. Daun binahong dijadikan lalapan. Dan ternyata memang benar, dalam hitungan satu minggu jahitan luka operasi mengering dan sembuh. Tidak basah seperti pertama kali operasi jahitan. Bisa menghemat biaya, senang rasanya. Terimakasih, ya Tuhanku !

Saat, lalapan daun binahong secukupnya saja, lima lembaran. Daunnya dicuci bersih. Jika terlalu banyak punya efek samping, pening, mual dan diare. Saya sarankan bagi ibu yang menyusui jangan makan daun binahong. Kasihan bayinya, karena berpengaruhi pada kualitas rasa dari ASI sang ibu. Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat bagi sang pembaca. Daun binahong bisa dijadikan obat herbal, penyembuhan luka jahitan setelah operasi.

Pasang Iklan
Iklan

13 komentar

Itu seperti daun sirih bukan mas?
Kalau saya luka, biasanya saya pakai daun lamtoro saya haluskan terus tempelin ke lukanya.

kayaknya ada di belakang rumahku om.
oohh itu namanya daun bihanong. fungsinya penting juga ya :D. save ah

Sering denger namanya tapi gak tahu bentuknya, itulah daun binahong yang ternyata punya khasiat untuk mengeringkan luka bekas operasi.

Alangkah baiknya bila setiap rumah di halamannya memiliki tanaman ini buat jaga-jaga bila ada keluarga yang habis operasi bisa menggunakan tanaman ini untuk mempercepat penyembuhan luka bekas operasi.

Wah ayah saya juga nanem tuh, tapi ga banyak soalnya cuma pake pot

Binahong ini tanaman TOGA yg banyak manfaat ya mas

Di Indonesia kusunya memang banyak tumbuhan herbal. Sampai-sampai tumbuh liar, tetapi tidak banyak orang tahu kasiatnya.

Bermanfaat banget ya bisa dipakai sebagai alternatif selain luka jahitan, untuk luka sedang dan kecil juga bisa mas?

Kalau luka di hati kira - kira bisa juga gak yah pake daun binahong :v ... wkwkwk

baru pertama kali dengar pasal daun binahong.. hee~ salam kenalan dari Malaysia..

Bukan, bentuknya juga beda. Itu jika luka bukan karena jahitan, daun lamtoro bisa untuk penyembuhan.

yang paling atas kayak gambarnya tumbuhan tapak kuda yaa

kalo luka operasi saja bisa cepet sembuh, berarti luka2 ringan lainnya bisa jadi 3x lebih cepet dong kalo mengkonsumsi daun binahong ini.

Ya Allah baru tau daun binahong bisa buat luka jahit ya, hiks, kemarin pasrah liat anakku dijahit dan minum antibiotik. Pdhl di tetangga daun ini banyak, kalau dibejek mengeluarkan cairan licin.

Terimakasih atas kunjungannya.

Pasang Iklan
IBX59AAC28D63346
   Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top