Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Terkecoh Uang Kertas Rupiah antara Dua Ribuan dengan Dua Puluh Ribuan

Pasang Iklan
Terkecoh Uang Kertas Rupiah antara Dua Ribuan dengan Dua Puluh Ribuan

Uang kertas emesi baru tahun 2017 antara Rp 2.000,- sama Rp 20.000,- sepintas mirip sekali. Sudah banyak orang yang terkecoh dengan penampilan uang keras baru ini. Bagi pedagang yang sering melakukan transaksi di malam hari atau menjelang pagi, pastinya sering tertipu. Atau susah untuk membedakannya. Apalagi jika ada pembeli yang kurang jujur, pedagang salah memberi kembalian. Kerugian yang didapat. Hal ini mengingatkan saya seperti awal mula uang kertas antara Rp 10.000,- dengan uang kertas Rp 100.000,-. Dulu sepintas juga mirip sekali. Dan saya pernah mengalami kerugian. Uang kertas sepuluh ribu saya kira seratus ribu, salah memberikan kembalian. Kerugian berlipat ganda.

Terkecoh Uang Kertas Rupiah antara Dua Ribuan dengan Dua Puluh Ribuan

Semoga saja hal ini menjadi perhatian bagi Bank Indonesia selaku pencetak uang rupiah. Agar bisa memberikan perbedaan warna yang lebih mencolok. Apalagi khususnya gambar tokoh pahlawan, dibuat lebih jelas perbedaannya. Kasihan rakyat awam, yang sudah banyak terkecoh dengan penampilan kedua uang kertas baru ini. Pedagang kecil mengalami nasib apes, derita kerugian yang didapatkannya.

Terkecoh Uang Kertas Rupiah antara Dua Ribuan dengan Dua Puluh Ribuan

Uang kertas dua ribuan keluaran emesi sebelumnya, warna putihnya lebih dominan. Gambar tokoh pahlawan kepalanya bersurban ada kumisnya pula sehingga rakyat bisa mudah sekali untuk mengenalinya. Sekali lagi, semoga Bank Indonesia memberikan reaksi atau respon yang secepatnya. Dan bagi pedagang atau pembeli agar sama-sama lebih jeli dan teliti. Dimohon kejujurannya, jika ada kembalian lebih saat bertransaksi, karena kesalahan mengenali kedua uang kertas tersebut. Berterus terang saja, katakan yang sebenarnya. Jangan sampai ada istilah lama, " kurang kembalian teriak, jika kelebihan diam saja ". Main kabur, pura-pura tidak tahu.

Pasang Iklan
Iklan

31 komentar

eh iya aku pernah hampir gak dikasih kembalian pas di warung...
mirip banget sih

eh benar. lah saya ini yang paling gawat. setiap ngembaliin duit pembeli selalu salah. ya itu, mirip banget 2 ribu dengan 20 ribu.

Haiyaa... ternyata ada yang punya pengalaman serupa...

Memang mirip sekali kang, dan saya pernah "kehilangan" selembar 20 ribuan dan setelah ingat ternyata saya pergunakan untuk membayar sesuatu di warung untuk barang yang harganya 2 ribu dan saya tidak memperhatikan.

Rejeki si penjual

Saya sering hitung nolnya dulu... karena kadang suka terkecoh... Ini dua puluh ribu atau dua ribu...

Kalau menurutku sih warnanya kontras bedanya. Jadi mudah dibedakan. #emak2jeli hehe

Bapak saya malah pernah tertukar sama uang mainan 5000, mirip banget!! Kasian dong ya yang matanya kicer, sulit bedain

Tokoh pahlawannya hampir mirip cuma ngadepnya aja berlawanan .... harusnya di beda kan dengan pakai kopeah atau pake tokoh perempuan

Huah bener banget. Aku juga udah beberapa kali terkecoh sama kedua uang itu. Aku pernah disuruh beli sesuatu sama ortu, terus dikasih uang 20.000, dikira itu 2000, terus nanya "Yah cuma 2000 ya? ini mah gak cukup" eh taunya bukan uang duaribu wkwkw-_-

Betul kang, itu mirip banget..
Saya juga hampir tidak bisa membedakan kalau malam hari..

Bener mas, uang pecahan 20.000 ribu ini emang sering ketuker 2000an, ane ngalamin juga pas di pasar.

Sekilas memang terlihat mirip, kalau kurang teliti bisa ketuker. Makanya saat memegang uang kertas kita harus memegang prinsip 3D, ada yang tahu apa itu 3D?

Pake kaca pembesar liatnya mang, wkwk..

Ia bener tuh mas. Kadang suka hammpir ketuker

Harus lebih ati2 lagi...Diliat lagi sampe yakin bener...Kalo perlu pake senter deehh :)

Ternyata banyak yang ngalami juga ya ? :)

Hahahaha
Tetanggaku byk yg cerita kalau dia salah lihat uang. Dikira uang barunya 60 rb ternyata 42 rb

Aku kalau pegang dan mau ngasih kembalian lihat dulu nolnya

saya juga sempat mas tertukar antara dua ribu dan duapuluh ribu pas kembalian, untung orangnya mengingatkan.
memang menurut saya terlalu mirip. padahal warnanya dibedakan banget aja ya

kalo saya bukan hampir lagi mas. beneran ketuker

Berharap beli 8 ribu dengan uang 10 ribu dapat kembalian 20 ribu :D,, hihi

Hheheheh,, iyaa saya juga biasa bgitu mas.. hehehe... salah kasih keluar uang..

Oya salam kenal..
Pasang iklan disini berapa mas,,?? nanya dulu ntar kalau udah beli domain insya allah.. :)

hihiyy.. kaya nyari belut ajah pake senter :D

Jika sampean terkecoh itu artinya bukan cuma saya yang mengalami hal serupa

PM saja, lewat email :)

Sipp Gan,, Ntar low udah ada rejeki buat beli domain.. alnya uangnya buat bayar kost terus stiap bulannya.. :D

aku udah baca semuanya tentang laman pengiklanan agan ini, Insya Allah low udah ntar q hubngi agan

wah...saya belum pernah pegang uang-uang baru tersebut...

Ternyata bukan aku aja yang suka terkecoh. aku punya temen jug ternyata hehehehe

haha kirain saya aj yang ngerasain ini kang, kemarin beli rokok kasih uang 2000 eh malah dibilang kurang 18ribu mas. warnanya hampir sama sih

Komentar teman saya juga sama. Saya jadi ingat sama tulisan ini karena memang mirip sekali duit 20 ribu sama 2 ribu. Nanti kalau sudah bosan sama duitnya, bisa dikirim ke sini mas.

saya pernah hampir keliru juga, mag. untung saja pembelinya baik hati mau ngembalikan dan memberitahu saya

Terimakasih atas kunjungannya.

Pasang Iklan
   Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top