Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Perlunya Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Pasang Iklan
Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Saya jadi ingat jaman sekolah SMA, saat mengikuti kursus mengetik. Dulu komputer masih tergolong benda elit, dan tidak sembarang orang memilikinya.  Yang ada adalah mesin ketik dan itu pun jumlahnya terbatas. Sehingga setiap peserta belum tentu bisa langsung memegang atau berhadapan dengan mesin ketik. Harus rela ngantri dan bergantian. Guru kursus, langsung mewajibkan mengetik dengan sepuluh jari. Jika kedapatan menggunakan dua jari, atau leluconnya sebelas jari, penggaris mendarat ditangan. Plak !, sakitnya.

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Karena keterbatasan mesin ketik itulah, saya terpaksa menggambar not-not angka dan huruf mesin ketik diselembar kertas. Saya tempelkan di dinding, saya memainkan jemari dan membayangkan seolah-olah kertas itu adalah papan mesin ketik. Saya hafalkan, letak-letak jemari dan jangan sampai bergeser pada papan notnya. Jemari menari-nari dengan kikuhnya. Dalam hitungan seminggu jemari sudah mulai lincah. Betapa senangnya saya, kini mengetik 10 jari dengan mahirnya.

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Itu cerita jaman dahulu. Mesin ketik telah bergeser dengan komputer. Bagi Anda yang memiliki komputer dan mempunyai anak kecil janganlah pelit untuk mengajari anak Anda dalam usia dini. Jangan takut komputer rusak. Karena kerusakan komputer masih bisa diperbaiki. Anak Anda lebih berharga, potensi dan kecerdasan anak Anda lebih bernilai. Olah dan kembangkan sejak usia dini.

Mahir Mengetik Sejak Usia Dini

Mengetik sepuluh jari itu sangatlah penting. Apalagi yang punya cita-cita ingin menjadi penulis, kerja di kantor atau ingin membuka usaha/jasa pengetikan skirpsi. Dengan sepuluh jari, pekerjaan Anda akan lebih singkat. Anda lebih bisa focus dilayar komputer. Bandingkan jika mengetik dengan sebelas jari, terlalu memakan waktu bukan ?

Saat sebelum memulai mengetik, letakkan jari telunjuk pada posisinya. Telunjuk kiri di tombol huruf F dan telunjuk kanan di tombol huruf J.  Jemari lain tinggal mengikuti posisi deretannya.

Yang perlu diperhatikan, setiap jari-jemari mempunyai tugasnya masing-masing :
1. Bagian Tangan Kiri :
  • Jari Kelingking menekan huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock
  • Jari Manis menekan huruf W, S, X dan Angka 2J
  • Jari Tengah menekan huruf Huruf E, D, C dan Angka 3
  • Jari Telunjuk menekan huruf R, F, T, V, G, B, Y dan Angka 4, 5, 6
  • Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt
2. Bagian Tangan Kanan :
  • Jari Telunjuk menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M dan Angka 6, 7
  • Jari Tengah menekan huruf I, K,tanda koma dan Angka 8
  • Jari Manis menekan huruf L, O tanda titik dan angka 9
  • Jari Kelingking menekan huruf P, tanda titik koma dan tanda slash
  • Ibu jari atau Jempol untuk menekan tombol Space dan Alt
Sepintas merasa sulit. Tapi jika sering dipraktekan akan terasa mudah. Dan tidak sesulit yang dibayangkan. Sekali lagi, bagi orang tua yang punya komputer, jangan pelit berbagi ilmu dengan anaknya. Tularkanlah ilmu dan kecerdasan ke anak Anda. Kerusakan komputer masih bisa dibawa ke tukang service, kebekuan isi kepala kemana hendak mencarinya ? Ada kata pepatah " ilmu itu memerlukan biaya dan ongkosnya sangatlah besar ", contoh kecilnya dengan kerusakan komputer saat menjadi mainan anak Anda. Tapi semua akan terbayarkan dengan kepandaian dan keterampilan anak Anda yang semakin meningkat.

Pasang Iklan
Iklan

40 komentar

Kalau saya yang belum bisa yang jempol kiri, masih kalah sama jempol kanan buat rebutan spasi.

Kalau jempol mah sama saja fungsinya, sehingga tidak begitu berpengaruh

Wah masih ingat waktu dulu latihan ngetik 10 jari pake mesin tik jadul, salah mulu, udah gitu tutsnya keras banget... Tapi ternyata manfaatnya saya rasakan sekarang. Luar biasa, saya jadi terbiasa ngetik 10 jari, apalagi sewaktu nulis artikel, Makin cepat...


Perlu banget, makanya saya mulai memperkenalkan anak-anak saya yang masih SD untuk mengenal komputer, bukan hanya bisa maen game tapi juga agar bisa mengetik sejak dini.

Mesin tik saya punya kenangan tersendiri, mas.. selepas SMP saya berhasil membuat soal-soal kuis (TTS dan KOCOKATA), dan berhasil di muat di beberapa media massa terbitan ibukota...

kalau sayamah ngacak ngetiknya,, jari kelingking jarang kepake... XD

Aku belajar mengetik 10 jarinya waktu masih duduk di bangku SMP, itu udah pake komputer sih hehe. Alhamdulillah sekarang udah bisa mengetik 10 jari. \:D/

Sampai sekarang saya masih kesulitan benar2 menggunakan 10 jari untuk mengetik XD

aku salfok sama perangkat komputernya, asyik
aku baru bisa ngetik agak lumayan pas esema
klo SD boro2 ada komputer mas
tapi sekarang alhamadulillah sudah lumayan meski gak cepet2 amat.,hehe

Sampai sekarang aku belum bisa loh mas ngetik pake 10 jari gitu. Kagok. Pdahal waktu SMP pernah ikut kursus ngetik juga.

Berbagi pengalaman, saya mulai berlatih mengetik waktu SD dengan mesin ketik milik Bapak saya. Saya mengetik dengan "sebelas jari". Melihat saya mulai senang mengetik itulah, Bapak mengajari saya agar membiasakan mengetik dengan sepuluh jari.

Awalnya, saya memang tidak begitu mengindahkan arahan Bapak, sebab saya merasa sudah bisa mengetik dengan cepat meskipun cuma pakai telunjuk kanan kiri. Bapak saya memarahi saya. Akhirnya dengan berat hati saya berlatih mengetik dengan benar.

kini, barulah saya merasakan manfaatnya.

WasSalam

sampai sekarang aku belum bisa megang yang namanya mengetik 10 jari. Kasihan jempolku.

bukan jarang lagi saya malah belum pernah pake, xixixi...

waktu sd sha sempet ikut les komputer di tetangga, kerjaannya ngetik doang :P

Masuk akal pemikiran ente Bos....koq pikiran sy gak sampe kesitu ya? hehehehe.....

Jadi inget waktu dulu latihan ngetik 10 jari pake mesin tik, jari kelingking nyangkut di bawah krn tutsnya keras bgt :)

Aku pribadi, dulu belajarnya pake aplikasi typing master, Mas. Itu lebih mudah, udah ada huruf-hurufnya yang bisa di ketik. Sebenarnya kunci diawal, tangan kiri itu ada di huruf ASDF, kanan JKL;
Itu yang selama ini aku gunakan :)

kalau saya mas mau mesin ketik jadul dan sekarang laptop paling cepat pakai 11 jari :)

Jadi ingat kalo ga salah waktu itu tahun 1989, dulu di sekolah saya ikut kursus mengetik :)

salah fokus ke monitor dan keyboardnya, perasaan itu meja belajar anak kecil... tapi keren editnya si om.. hehehe

Kalo saya malah terbiasa mengetik dengan model angka 11, pakai telunjuk kiri dan kanan, hehehe

wee ternyata begitu ya cara membagi tugas masing masing jari ....berarti saya termasuk orang yang lambat ngetik mas...bikin artikel yang kira kira 400 karakter aja hampir 2 jam lho ...

sekarang mulai saya praktekan mas....walhasil kecepatan ngetik agak beda

mas akun Google plus sampean belum aktif ya...

opo jan memang ora duwe

Kalau pakai hape, kadang tidak tampak akun g plus saya. Yang pasti ada.

Mengetik 10 jari itu keren banget, saya masih 7 jari, kalo tangan kiri sudah mahir semua, kalo tangan kanan cuma jari telunjuk sama tengah doang :(

saya lebih mahir pake dua jari, telunjuk kanan dan jari tengah tangan kiri, hihihi...

Bener mas, tapi yg paling jarang kepake ibu jari alias jempol. Kalau saya cuma spasi aja sih yg jempol kanan. hehehehe

saya lebih lama lagi mas, lha wong nulisnya dari satu, hehehe

jadi ingat dulu masih kecil suka mainan mesin ketik bapak almarhum. Beruntungnya masih sempat mengenal mesin ketik, kalau anak zaman sekarang mungkin sudah banyak yang nggak tahu tentang mesin ketik hehe

Mungkin bagi kita yg sering centting, atau ngeblog yang memerlukan otak atik kibor ini perlu di pelajari mas

Mungkin mesin ketik jaman dulu tak beda jauh dengan kibor perangkat ataupun seluler yang sekarang oni ya mas

Mesin ketik sekarang jadi barang antik mbak

Sampai hari ini saya belum bisa mengetik lewat keyboard mesin tik lawas maupun laptop kang..

Tapi sekarang lebih mudah ngetik lewat smartphone kang..😂

Sepertinya hape jaman sekarang harus sudah di berikan external keyboard, karena faktanya anak-anak jaman sekarang ketika ngetik di keyboard hape cepet banget, tapi pas ngetik di keyboard komputer atau laptop malah nyasar kemana-mana...
Saya setuju sekali dengan judul diatas, bahwa ketika sudah sering ngetik di komputer/laptop dari usia anak kecil, nantinya akan semakin terbiasa keyboard, keuntungan lainnya adalah semakin mengenal dari mulai dari menu dan icon di komputer... sehingga akan semakin memperkaya ilmunya kelak nanti... :D

Note tambahan buat Mas DJ dan teman-teman lainnya... bahwa posisi duduk dan jarak antara keyboard dan layar juga harus diperhatikan, karena akan sangat mempengaruhi hasil ketikannya...
Salam,

wk wk wk nikmatin ajalah mas kalo jari lagi agak kaku pas lagi ngetik namanya juga belajar.

Sampai sekarang ga pernah terbiasa ngetik dengan 10 jari.. hikss... cuma tetap bisa ngetik dengan cepat kok apalagi kalau sedang mood buat posting..

wah bener banget... memang susah sih pada awalnya, tapi lama kelamaan pasti akan terbiasa juga :)

Terimakasih atas kunjungannya.

IBX59AAC28D63346
  0818 0633 2020
  Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top