Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Redenominasi Rupiah Perlukah ?

Pasang Iklan
Redenominasi Rupiah

Bagi yang sering jalan-jajan ke Kota Bandung pasti sering menemukan daftar harga yang terasa sedikit aneh, bagi orang yang pertama kali lihat. Semisal, harga cofee IDR 5K, itu maksudnya harga secangkir cofee adalah Rp 5000. Penyederhanaan angka nol, biar tidak terlalu memakan tempat. Itulah yang namanya redenominasi. Jadi arti dari Redenominasi Rupiah adalah penyederhanaan mata uang rupiah menjadi lebih kecil tanpa mengurangi nilai tukarnya.

Antara redenominasi dan sanering itu artinya berbeda. Kalau sanering atau devaluasi adalah pemotongan nilai uang, pada waktu yang sama tidak dilakukan pemotongan harga-harga barang. Sehingga terjadi penurunan daya beli masyarakat. Sanering ini dilakukan guna mengurani jumlah uang yang beredar. Kalau bagi orang awam istilahnya, nilau rupiah tidak ada harganya lagi  Duit jadi terasa daun.

Redenominasi Rupiah
Redenominasi Rupiah

Rencananya yang berhembus, Bank Indonesia akan mengeluarkan uang kertas baru, semisal Rp 1 uang baru nilanya sama dengan uang kertas lama Rp 1000 dan seterusnya. Uang kertas baru ini akan beredar bersamaan dengan uang kertas lama. Dan diharapkan uang kertas lama dalam jangka waktu lima tahun, semuanya sudah bisa ditarik dari peredaran. Sehingga yang beredar di masyarakat hanya uang kertas baru saja.

Dan secara pribadi, saya sangat mendukung rencana Bank Indonesia ini. Biar mata uang negara kita tampak lebih punya nilai. Semisal untuk saat ini, 1 dolar US adalah  Rp 14000, dengan adanya uang kertas redenominasi  1 dolar US adalah Rp 14. Sepintas rupiah ada wibawanya. Pengalaman keseharian. kadang jika terlalu banyak angka nol, bikin ribet juga. Saya sering salah menilai uang kertas antara Rp 2000 dengan Rp 20.000, karena sepintas warna uang kertas ini hampir mirip. Bagiamana dengan Anda, setuju dengan redenominasi rupiah ?

Pasang Iklan
Iklan

21 komentar

Kalau menurut saya lebih baik 10000 jadi 1. Jadi nilai dolar jadi hampir menyamai ID. Nilai segitu pun menjadi nilai banyak negara maju saat ini.

Nah sepakat. Mungkin ini bisa mendongkrak nilai rupiah mas. Lebih efisien lagi dalam hal kebituhan pembuatan.

Kalau itu mah terlalu sadis, bisa hancur rupiah :D

Wahhh.... Kalau rencana Redenominasi rupiah terwujud, nanti kita mempunyai uang Rp1000 saja sudah bisa beli smartphone.
Rp1000 = Rp1000.000 atau 1000K 😂😂😂😂 malah membingungkan bagi yg masih awan seperti saya. Wkwkwkk

Kalau saya sih sebenernya setuju2 aja. Tapi bagaimana nasib uang pecahan yg di bawah seribu yg sekarang ya? Berarti kan harus dihapus. Hehehe

bagusan uang lama kayaknya heheh

Setuju sangat kang.
jangan sampe lama kelamaan nilai mata uang kita seperti di negara Utopia (kalo ga salah).
uang 1.000.000.000.000 ga ada artinya

Saya setuju dan mendukung program bank BI. Jika bisa segera saja programnya dijalankan karena bisa meningkatkan derajat mata uang rupiah dimata dunia saat ini.

gue juga setuju banget biar lebih enak nyebutnya.

lebih setujunya kalau disosialisakan dulu supaya pada ga bingung sih menurut aku loh

Kalo cuma berdampak di berkurangnya angka sih ga pa-pa. Tapi kalau nanti berubah di nilai tukarnya kayak jaman dulu sih sedih banget.

Semoga saja, biar rupiah tidak tampak lesu.

Uang pecahan tetaplah ada, kemungkinan menjadi 1/2 rupiah atau 0,5 rupiah.

zimbawe, uang kertas ada yang nilainya satu milyar. Serem kan ? duit tidak ada nilannya. Uang setumpuk tidak ada yang merampok.

Sudahd lama disosialisasikan, tinggal menunggu kepastian kapan dilaksanakan.

Baru tau itu artinya apa....saya sepertinya setuju...lebih simpel..., klo blogger sepertinya udah biasa dengan istilah dalam satuan 'IDR ..K'

rencana dan mimpi yang keren nih sebab jika Redenominasi rupiah jadi beneran, maka nominal uang rupiah jadi bergaya western gituh ya mang

Aku setuju. Soalnya biar simple. Kalau kebanyakan nol, kadang susah bacanya. :'D Kalau pas transfer, kadang jadi salah gara-gara kekurangan nol atau malah kelebihan.

Tadinya saya pun gak paham apa sih IDR 5K itu, hehe mungkin kemaren kudet.
Saya jg Setuju kalo untuk menaikan derajat rupiah di Mata dunia, tp mungkin butuh penyesuaian pastinya

Kalau ketuker uang dua puluh ribuan dengan dua ribuan ya pernah, soalnya gitu mirip banget

Terimakasih atas kunjungannya.

Pasang Iklan
IBX59AAC28D63346
   Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top