Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Penulisan Yang Benar Kata Idul Fitri

Pasang Iklan
Kamus Besar Bahasa Indonesia

Bahasa komunikasi termasuk bahasa isyarat hasil dari sebuah kesepakatan bersama atau kelompok, yang bisa dipahami dan dimengerti. Penyampaian sebuah pesan yang bisa dipahami dan dimengerti kedua belah pihak, entah yang memberi pesan atau yang menerima pesan. Dan komunikasi bisa dilakukan secara lisan atau secara tulisan. Istilah jawanya, sing penting podho mudhenge, opo sing dikarepke.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sebenarnya saya tidak begitu ahli atau mengerti tentang tata bahasa Indonesia yang benar. Sehingga harap dimaklumi jika artikel-artikel saya, susunan bahasa termasuk cara penulisan kata begitu amburadul. Salah kaprah. Eh sudah tahu saya bukan ahli bahasa, diajak berdebat kusir tentang cara penulisan yang benar kata Idul Fitri. Saya pun kelimpungan. Apa sih makna atau arti Idul Fitri secara umum ? Idul Fitri adalah Hari raya umat islam yang jatuh pada tangga 1 syawal setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Penulisan Yang Benar Kata Idul Fitri

Terpaksa saya harus pergi ke Toko Buku Gramedia untuk bisa menjawab pertanyaan itu. Semua buku Kamus Besar Bahasa Indonesia yang ada di rak menjadi santapan. Saya buka semua, dan langsung mencari halaman yang ada kata Idul Fitri. Dan mayoritas buku Kamus Besar Bahasa Indonesia yang saya baca, penulisan kata Idul Fitri terpisah, ada spasinya. Seandainya ada yang disambung penulisannya, Idulfitri. Itupun ada tanda titiknya, Idul.fit.ri.

Penulisan Yang Benar Kata Idul Fitri
Penulisan Yang Benar Kata Idul Fitri

Idul Fitri berasal dari bahasa Arab yaitu Eid Fitr. Sepengetahuan saya kata Eid mempunyai makna hari raya dan Fitr bermakna makan atau makanan. Hari Raya Makanan, Merdeka Makan setelah sebulan berpuasa. Karena kata arab Eid Fitr terpisah, maka saya lebih suka menulis Idul Fitri dengan spasi atau terpisah. Seandainya ada yang menulis Idulfitri, itupun juga benar karena kata Idulfitri itu termasuk kata benda atau noun. Itu kata orang-orang yang ahli bahasa Indonesia. Bagaimana pendapat Anda, Idul Fitri atau Idulfitri ?

Pasang Iklan
Iklan

21 komentar

Kita sudah terbiasa menuliskan dengan terpisah kang, jadinya ya Idul Fitri menurut saya yang lebih pas.

Berarti Idul fitri ataupun Idulfitri, dua-duanya benar ya? Saya biasanya nulis pake "Idul Fitri"

hal seperti ini kadang tidak diperhatikan oleh blogger padahal itu sangat penting. misalnya kata ramadan juga yang benar adalah Ramadan bukan Ramadhan. tapi kebanyakan orang melakukan kesalahan dengan menuliskan Ramadhan.

yang penting maknanya dapat. ya waktunya bebas eit karna masuk 1 syawal. ya Idul Fitri.

He..he..
Keduanya benar, karena orang2 indonesia sangat cerdas dan paham kedua kosakata tersebut, baik idul fitri yang berspasi maupun idulfitri yang tersambung.

selamat idul fitri mas
maaf lahir batin ya

Saya juga lebih sreg begitu.

Saya belum bisa menjawab, mana yang benar.

Kira-kira benar yang mana penulisan idul fitri ?

yang penting makan enak.

yang penting tahu maksudnya ya

Hola Mas HIheihehie
Pa kabarnya
Lama saya nda mampir hiehiehehheiee

Mumpung masih dalam suasana Idul Fitri 1 syawal 1438 Hijriah, saya Asep Haryono beserta keluarga di Pontianak, Kalimantan Barat, mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah. Taqqaballahu Minna Waminkum Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon Maaf lahir dan Bathin.

Insya Allah saya akan kembali melakukan kunjungan (Blogwalking) dan membaca baca tulisan teman teman. Amin Ya Fabbal Alamin. Salam kami sekeluarga di Pontianak

kalaupun ada penulisan yang salah...ya mohon dimaafkan lahir & batin :D

Selamt Idul Fitri... eh udah bener belum nulisnya? :p

saya akan semakin sreg kalau mang admin ngasih angpao

ntar kalau udah bisa menjawab, WhatsApp saya ya mang

iedul fitri: kembali makan. tapi di Indonesia banyak yang tertukar antara fitri dengan fitrah, fitri asal katanya afthara - yuftiru, yang berarti berbuka, atau tidak lagi berpuasa, sedang fitrah artinya suci :) apapun, yang penting paham, yang penting ikhlas

Lebih terbiasa pakai spasi sih kalau saya jadi mending idul fitri daripada idulfitri, tolong ganti sama yg bikin kamus hahahaha

Nah itu, yang penting ngerti apa yang dimaksud :D

saya nulisnya juga kasih spasi, betul nggak itu ya

Terimakasih atas kunjungannya.

Pasang Iklan
IBX59AAC28D63346
   Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top