Floppy Disk Penyimpanan Data Yang Terlupakan

Floppy Disk

Teknologi semakin berkembang dengan pesat. Inovasi baru bermunculan. Komputer mengikuti zamannya sehingga perangkat penyimpanan data atau digital storage mau tidak mau harus ikut beradaptasi pula. Memory eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data.  Apa itu floppy disk atau yang lebih terkenal dengan sebutan disket ?  Menurut wikipedia, Cakram flopi atau floppy disk, adalah media diska penyimpanan terdiri dari media penyimpanan magnetis tipis dan fleksibel, disegel dalam plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

Floppy Disk
Floppy Disk

Sebenarnya floppy disk terdiri dari dua ukuran, yaitu 5.23" dan 3.5". Dan dulu saya memiliki semua ukuran tersebut. Karena dulu saya membuka usaha rental komputer dan jasa pengetikan skripsi di daerah Pasar Sepeda Tunjungsari, Umbulharjo, Jogjakarta. Otomatis menjual disket pula. Tapi sayang, disket yang ukuran besar tidak tersimpan dengan baik. Tinggal disket ukuran kecil, itupun sebenarnya punya mahasiswi yang namanya Titik Murwati. Ah jadi mengenang masa lalu.

Flashdisk

Kapasitas yang dapat ditampung oleh floppy disk atau disket memang cenderung kecil. Itupun hanya mampu menampung penyimpanan file/data teks. Oh iya, floppy disk berkembang sejak tahun 1970 hingga 2000-an. Dan sekitar tahun 2010-an, motherboard komputer  tidak lagi menyediakan komponen yang mendukung media floppy drive. Tamat sudah riwayat floppy disk. Kini metode penyimpanan data telah tergantikan dengan kapasitas yang lebih besar yaitu USB flash drive atau yang lebih terkenal dengan sebutan flashdisk.

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top