Djangkaru Bumi

Catatan dan gagasan tentang kehidupan, bisnis, jaringan sosial, budaya, wisata, kuliner dan komunitas

Dari Jembatan Ampera Hingga Pulau Kemaro, Ini Tips Penting Bagi Backpacker Yang Ingin Liburan Ke Palembang

Pasang Iklan
Jembatan Ampera Palembang
Jembatan Ampera (anekatempatwisata.com)
Liburan murah ala backpacker kini menjadi pilihan bagi para wisatawan. Dengan biaya yang minim, tapi tetap bisa merasakan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Di Indonesia, banyak kota yang bisa dipilih menjadi lokasi wisata backpacker. Termasuk di antaranya adalah Palembang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan dan juga dikenal sebagai kota tertua di Indonesia.

Saat berlibur ala backpacker ke Palembang, Anda tidak perlu bingung pada saat membangun jadwal perjalanan atau itinerary. Ada beragam tempat wisata menarik yang bisa Anda jadikan lokasi kunjungan. Di antaranya adalah: 

1. Jembatan Ampera 
Jembatan Ampera merupakan ikon dari Kota Palembang. Anda belum resmi berkunjung ke Palembang kalau melewatkan tempat wisata yang satu ini. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962, membentang di atas Sungai Musi yang dikenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera - mencapai 750 km. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang terpisahkan oleh sungai tersebut

Momen terbaik untuk menyaksikan pemandangan di jembatan ini adalah pada malam hari. Jembatan yang memiliki panjang mencapai 1.117 meter ini akan diwarnai dengan hiasan lampu warna-warni, membuatnya semakin terlihat memesona. Ditambah lagi, keberadaan dua menara setinggi 63 meter di Jembatan Ampera memperlihatkan suasana yang mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

2. Benteng Kuto Besak 
Kalau berkunjung ke Jembatan Ampera, tentunya juga harus menyempatkan diri ke Benteng Kuto Besak. Lokasi kedua tempat wisata ini bersebelahan, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk menjangkaunya. Terlebih, Benteng Kuto Besak ini merupakan salah satu peninggalan dari Kesultanan Palembang. Pembangunan jembatan ini pun membutuhkan waktu yang lama, kurang lebih selama 17 tahun, pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I hingga Sultan Mahmud Bahauddin.

3. Monpera 
Masih berada di lingkup kawasan sekitar Jembatan Ampera, Anda juga bisa menemukan keberadaan Monumen Perjuangan Rakyat Palembang (Monpera). Monpera dibangun sebagai sarana untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam perjuangan mempertahankan Indonesia dalam peristiwa Agresi Militer Belanda II. Pada momen tersebut, Belanda menggempur Palembang selama lima hari lima malam. 

Monumen yang didirikan pada tahun 1988 ini memiliki bentuk bunga matahari dengan lima mahkota. Tidak lupa, terdapat Patung Garuda yang menempel pada bagian depan monumen. Anda pun bisa memilih untuk masuk ke dalam ruangan Monpera. Di dalamnya, terdapat beberapa benda-benda bersejarah yang memperlihatkan perjuangan masyarakat Sumatera Selatan. Termasuk di antaranya adalah senjata, mata uang kuno, pakaian pejuang, hingga foto dokumentasi. 

4. Pulau Kemaro 

Sebagai persinggahan terakhir, Anda bisa berkunjung ke Pulau Kemaro yang berjarak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Anda bisa menuju ke tempat ini dengan naik perahu - disebut dengan nama ketek oleh masyarakat setempat. Jangan lupa untuk menawar harga sewa ketek tersebut ya ?

Di Pulau Kemaro, Anda akan mendapati sebuah pagoda yang menjadi bagian dari kompleks Kelenteng Hok Tjing Rio. Tempat ini akan ramai pengunjung pada saat memasuki momen perayaan Tahun Baru Imlek ataupun Cap Go Meh. Selain itu, di sini juga ada legenda tentang kisah asmara pria asal Tiongkok bernama Tan Bun An dengan gadis lokal bernama Fatimah.

Airy Rooms

Untuk tempat menginap, jangan khawatir. Anda bisa menemukan beragam pilihan hotel murah di Palembang yang bisa dipesan. Solusi termudah menemukan tempat menginap murah di sini adalah via Airy Rooms. Pembayarannya juga mudah, bisa lewat transfer bank ataupun kartu kredit. Anda akan menemukan hotel murah dengan fasilitas yang cukup lengkap di sini. Mulai dari keberadaan akses internet WiFi gratis, kamar mandi dengan shower air hangat, air minum gratis, keberadaan tempat tidur yang bersih, AC, TV layar datar, serta perlengkapan mandi. 

Yuk, backpacker-an ke Palembang !
Article placement Airy Rooms
Pasang Iklan
Iklan

38 komentar

Rekomendasi buat liburan. Palembang ? Paklek ku juga ada di sana kali, bang ? Jadi bisa sebagai penunjuk jalan.

Palembang mah emang keren.
Terutama Jembatan Ampera-nya.
Bikin pengen segera ke sana.

Jembatan Ampera. Sangat mewah dimalam hari. Semoga ada rejeki kesana kelak.

mantapp lahhh tuuu, pengen kesana rasanya

Suasanya sangat nyaman pas banget untuk wisata bulan madu.. Hehe.

Btw maaf om, komen saya dobel di post sebelumnya, komen dengan hp kadang bisa dobel tanpa di sengaja. :(

Jembatannya megah banget yah,, kalau sayamah kepikiran mancing di jembatan itu,, kira2 boleh gak yah heheh

Saya tertarik dengan jembatan amperanya. Ingin menyaksikan kemegahan jembatan dimalam hari. Sungguh luar biasa.

Yuk kesana, nanti bisa bulan madu sekaligus jalan-jalan di jembatan

baru tau ada pulau Kemaro dekat Palembang, enak kali ya naik ketek :)

Ayo kesana biar tahu sensansinya.

Mancing hati atau mancing ikan ???

Duh eliy yang mau nikah

Jembatan yang indah sekali

Ayo kesana ,semangat ngeblog biar dapat duit banyak :)

Ayo, kita kopdar disana.

aku pengen banget naek perau lewat bawahnya Jembatan Ampera
duh kapan ya

Pernah tinggal di Palembang dulu. Tapi sayangnya masih terlalu kecil, tidak banyak memori yang bisa diingat.

begitu megahnya Jembatan Ampera itu ya Kang,,,sayang sekali di jawa belum ada...

tapi sayangnhya jembatan semegah ini terkadang di salah gunakan....bunuh di...i

ngeliat jembatan ampera keren banget tuh mas, indah dan mempesona banget

itu hotelnya bisa book via Traveloka, Bang? Ane ngerasain banget pas mudik, mudahnya book hotel via Traveloka. Mantab.

Nah ini nih kota asalku, jangan lupa ya kulinernya yang khas
sebagian besar kuliner di kota Palembang ini rasa ikan yang sulit untuk dilupakan
ayo buruan cek lokasinya hehe

Tempat pembuatan songket, Al Munnawar, Rumah Kapitan, rumah Tionghoa di Jalan Sekanak, Al Quran raksasa Gandos blum dimasukkan. Oh iya, museum yang ada rumah di uang 10.000 itu juga di Palembang.

Monpera ... tadi saya bacanya Menpora hihi

Kalau datang ke tempat ini tidak menjelajah rugi banget deh, apalagi dengan makanannya yang khas dan pasar tradisonalnya yang unik banget di dekat sana.

untung saya mampir ke sih dulu, kebetulan saya sekarang sedang ada di Jembatan Ampera nih...keliling sekalian ah

Mantap jiwa, ane orang palembang 😀

Aku pengen banget ke Palembang, tapi ga ada temen buat di ajak hehehe.

Aku pngn ke palembang buat beli pempeknya aja, trus pulang hahaha
Pempeknya bneran uwenakkkkk

ngitung-ngitung duit dulu biaya dari klaten kesana hehehe

jembatan ampera ini sangat populer, wajib dikunjungi kalo ke palembang

wah aku pengen banget jd backpaker. sayangnya cuma bisa muter muter daerah kota aja :D

kapan aku bisa ke jembatan ampera yah, kyanya kalau malam indah banget, jembatan ampera ini menjadi icon disana yah

Mampir juga ke wisata punti kayu jaraknya kurang lebih 5 km dr jembatan ampera, Bukit Siguntang, kambang iwa, museum balaputadewa, stadion jaka baring.

Mampir juga ke wisata punti kayu jaraknya kurang lebih 5 km dr jembatan ampera, Bukit Siguntang, kambang iwa, museum balaputadewa, stadion jaka baring.

Terimakasih atas kunjungannya.

IBX59AAC28D63346
  0818 0633 2020
  Copyright © 2011- - Powered by Blogger
Back To Top