Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat

Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat

Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat . Dulu makanan tiwul dianggap kelas rendahan. Karena, jaman dulu yang makan tiwul itu umumnya orang miskin. Beras masih tergolong barang mewah dan mahal. Sehingga tidak semua orang mampu membelinya. Kini tiwul kian naik kelas pamornya, orang kaya pun suka makan tiwul yang terkenal dengan kadar kalorinya yang rendah. Konon katanya, tiwul itu adalah makanan khas yang berasal dari Gunug Kidul, Jogjakarta. Daerah yang tandus dan kekurangan air sehingga tanaman singkong yang paling cocok daripada bertanam padi.

Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat

Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat

Resep cara membuat tiwul ini aku dapatkan dari Mamaku. Eh tahu kagak ? Mamaku itu jika dihadapan teman-temanku berlagak sok jago masak. Sebenarnya Mamaku itu cuma ahli jago masak Mie Rebus dan masak air doang. Jenis masakan yang lain masih diragukan...hehehehe. Semoga saja mamaku tidak memba ca artikel ini. Takut ngambek, bisa-bisa aku tidak dibuatkan sarapan pagi lagi. Nah, apa yang harus disiapkan untuk membuat nasi tiwul ?

Dibawah ini akan aku uraikan dan paparkan cara membuat tiwul yang lezat dan nikmat :

Pertama, kupas singkong sampai bersih dan jemur sampai kering. Kurang lebih tiga hari atau sampai empat hari. Singkong kering umumnya disebut gaplek.
Kedua, gaplek ditumbuk sampai membentuk butiran-butiran kecil dan silahkan ditambahkan sisiran gula jawa agar nanti terasa manis dan berwarna kemerah-merahan.
Ketiga, butiran-butiran gaplek itu selanjutnya dikukus sampai matang. Usahakan kukusan dikasih alas daun pisang agar butiran-butiran gaplek itu tidak lengket atau terlalu basah/menjadi bubur.
Keempat, siapkan parutan kelapa muda dan kukus bersama daun pandan agar nantinya beraroma wangi. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
Yang kelima atau terakhir, kini tiwul siap disajikan dan disantap bersama dengan taburin parutan kelapa tersebut.

Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat

Cara Membuat Tiwul Amburadul Lezat

Itulah sekilas cara membuat nasi tiwul amburadul dan ngawur ala resep mamaku. Silahkan Sahabat berkreasi sendiri untuk mendapatkan hasil dan cita rasa yang menarik dan nikmat. Jangan melihat cara seperti yang terpapar pada gambar. Yang sangat jelas konyol hasilnya. Mamaku kalau dikompalin bisa marah-marah terpaksa aku menurut saja, demi keamanan isi perutku nantinya. Dengan melihat gambar pertama,  pasti Sahabatku bisa menebak rasa nasi tiwul tersebut. Atau mungkin Sahabatku bisa memberi  penilain atas jerih-payah hasil masakan tiwul mamaku ? Cukup sekian artikel kuliner tentang cara membuat nasi tiwul , semoga bermanfaat. Salam kuliner nusantara !


♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top