Masjid Al Alam Marunda

Masjid Al Alam Marunda

Masjid Al Alam Marunda. Lebih akrabnya masjid ini dipanggil Masjid Al Alam Si Pitung. Masjid ini beralamat di Kampung Pulo,Kelurahan Marunda, Kecematan Cilincing, Jakarta Utara. Letaknya tidak jauh dari Rumah Pitung. Di panggil Masjid Si Pitung karena Pitung pernah solat dan mengaji di masjid ini. Konon menurut cerita masjid Al Alam dibangun dalam satu malam atau satu hari oleh Sunan Gunungjati pada tahun 1527 M. Sehingga masjid ini mempunyai nilai keunikan dan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Masjid Al Alam Marunda

Masjid Al Alam Marunda

Masjid Al Alam Marunda

Bentuknya memang tampak sederhana dengan dinding yang bercat warna putih dan bangunan tidak begitu luas. Keaslian bangunan masih dipertahankan. Di dalam masjid ada empat tiang penyangga yang bentuknya besar seperti menyerupai bentuk bilah benteng catur. Bahan kayu pintu dan jendelanya pun masih asli. Harga tiket masuk ke tempat masjid ini adalah Rp. 3.000.,-.

Masjid Al Alam Marunda
Sumur Zam-Zam Ala Masjid Al Alam
Masjid Al Alam Marunda
Makam Keramat KH Jamiin Bin Abdullah
Masjid Al Alam Marunda
Ruang Aula
 
Disebelah kanan masjid terdapat sumur tua. Air Sumur inilah yang dianggap sebagian masyarakat air zam-zam Marunda. Ada pengunjung yang jauh-jauh cuma ingin membawa pulang air ini yang katanya untuk mengobati saudarnya yang lagi sakit. Air sumur yang tidak pernah kering walau sering diambil. Disebelah kanan masjid ini pula dibangun pendopo atau aula yang bisa dipergunakan untuk istirahat. Suasana masjid yang begitu adem dengan angin laut sepoi-sepoi mampu menambah ketentraman batin. Oh iya.., Masjid Al Alam Marunda memang letaknya tidak jauh dari pantai marunda.

♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top