Keraton Kasultanan Jogjakarta

Keraton Kasultanan Jogjakarta

Keraton Kasultanan Jogjakarta. Keraton ini sebagai pusat pengembangan atau museum budaya jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton ini terletak ditengah atau pusat kota Jogjakarta. Keraton Kasultanan Jogjakarta atau yang lebih akrabnya dengan sebutan Keraton Jogjakarta dibangun sejak tahun 1755 setelah perjanjian Giyanti. Perjanjian Giyanti adalah perjanjian yang isinya  pembagian dua kerajaan Mataram menjadi Kasultanan Surakarta ( Solo ) dibawah pemerintah Sunan Pakubuwono III dan Kasultanan Ngajogjakarta dibawah pemerintah Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I.

Keraton Kasultanan Jogjakarta

Keraton Kasultanan Jogjakarta

Keraton Jogyakarta sampai saat ini masih berdiri dengan megahnya. Keraton ini menghadap ke arah utara dengan halaman yang luas. Dan alun-alun itu dipergunakan untuk berkumpulnya masyarakat Yogyakarta, semisal tempat menyelenggarakan upacara adat dan hiburan rakyat atau pasar malam.

Keraton Kasultanan Jogjakarta

Keraton Kasultanan Jogjakarta

Keraton Jogyakarta sebagai pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwono beserta kerabat istana. Setiap hari Keraton Jogyakarta terbuka untuk kunjungan wisata dari pukul 08.30 sampai pukul 13.00 WIB. Harga karcis masuk Rp. 5.000,- dan ongkos parkir kendaraan Rp.3.000,-. Di dalam keraton ini Sahabat bisa melihat berbagai koleksi barang peninggalan dan foto-foto tentang  Keraton Jogyakarta.

♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top