Monumen Nasional Jakarta

Monumen Nasional Jakarta

Monumen Nasional Jakarta. Jalan-jalan ke Jakarta terasa belum lengkap jika belum mengunjungi tempat pariwisata Monumen nasional atau yang lebih terkenal dengan nama monas atau Tugu Monas. Untuk menghilangkan rasa suntuk dan kejenuhan tempat inilah yang paling murah meriah. 

Monumen ini dibuka :
  • Tiap hari mulai pukul 08.00 WIB - 15.00 WIB, pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum. 
  • Harga tiket masuk ke Cawan, Rp.2.500,00/orang dewasa, Rp.1000,00/anak-anak atau pelajar. 
  • Harga tiket masuk ke pelataran puncak, Rp.7.500,00/orang dewasa, Rp 3500.00/anak-anak atau pelajar.
  • Sewa teropong Rp.2000,00/koin.
Tinggi  Monas 132 meter yang didirikan untuk mengenang perjuangan dan perlawanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pembangunan Monas dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 dan diresmikan pada tanggal 12 Juli 1975.

Tunggu ini dimahkotai dengan lidah api yang dilapisin emas, yang menggambarkan semangat rakyat Indonesia yang menyala-nyala. Emas tersebut sumbangan dari Teuku Markam seorang Aceh yang kaya-raya saat itu.

Di monas ada 3 (tiga) ruangan :
  • Museum Sejarah Indonedia yang letaknya paling dasar, terdapat deorama tentang sejarah perjalanan Indonesia
Museum Sejarah Indonedia
  • Ruang Kemerdekaan yang teletak dibagian dalam cawan, disini terdapat pintu dari perunggu, pada jam-jam tertentu pintu itu terbuka secara otomatis yang diiringi lagu Padamu Negri kemudian diikuti rekaman suara Bapak Sukarno saat membaca teks Proklamasi Kemerdekaan.
Ruang Kemerdekaan
  • Pelataran dan Puncak Api Kemerdekaan, ada ruang lift yang digunakan untuk menuju puncak  tersebut. Diruang ini terdapat teropong yang membantu kita untuk menikmati pemandangan kota Jakarta.
Jakarta dari puncak monas

Itulah sekedar gambaran singkat tentang suasana Monumen Jakarta Atau yang lebih terkenalnya dengan sebutan Monas. Jangan lupa jika Shobat ke Jakarta, mampir berwisata dulu ke Museum Nasional. Biar tahu akan perjalanan sejarah Indonesia. Gambar atau photo kurang jernih. Maklum resolusi kamera hape terlalu minim. Salam wisata, dan sukses terus. Terimakasih atas kunjungannya. Sampai jumpa lagi.

 ♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top