Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Kompleks makam Astana Gunung Jati berada di Desa Astana, Kecamatan Cirebon Utara pada pinggir jalan raya Cirebon – Indramayu dari kota Cirebon berjarak sekitar 5 km. Makam Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah di Cirebon memang menjadi kunjungan wisata religi sangat menarik. Apalagi, sebagai salah satu anggota Walisongo, Sunan Gunung Jati memiliki peran penting dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Keramik Dinding Makam Sunan Gunung Jati Cirebon
Dindingnya penuh dengan keramik
Bulan Idul Fitri saya berziarah ke makam Sunan Gunung Jati,ternyata ramai juga sampai berdesak–desakan waktu di dalam kompleks makam. Banyak Peziarah yang ingin berdoa atau sekedar hanya melihat–lihat. Banyak keramik yang masih sangat baik kondisinya, warna dan design sangat menarik. Bernilai seni  tinggi.

Air Zam-Zam Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

Beli Oleh - Oleh Makam Sunan Gunung Jati Cirebon
Beli  Oleh - Oleh
Saat pulang saya mengambil air yang ada di Genthong besar , yang terkenal dengan sebutan air zam – zam Cirebon. Saya juga menyempatkan membeli makanan khas cirebon dan benda unik hanya sekedar untuk cindera mata saja. 

Yang sangat disayangkan adalah banyaknya penduduk setempat yang meminta sumbangan tidak resmi kepada pengunjung atau peziarah yang datang ke makam. Jangan heran jika Sahabat nanti dibuntutin anak-anak yang meminta recehan. Persiapkan uang recek yang banyak, jika mau bereziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Jika tak membutuhkan guide, pengunjung bisa langsung menolaknya dari awal. Bilang saja sudah sering berziarah dan masuk tanpa guide. 

 ♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top