Keripik Bonggol Pisang


Hampir tiap hari anggin bertiup kencang, sampai pohon pisang depan rumah pada tumbang. Sedih menyaksikan pohon pisang yang sudah berbuah ikut tumbang. Ah agak merugi bulan ini. Bahkan ada tunas pisang yang ikut tercabut dari akarnya.

Terlintas dalam benak, keinginan membuat keripik dari bonggol pohon pisang. Saya memilih tunas pohon pisang, karena teksturnya masih lembut dan empuk. Dan pastinya bonggolnya masih berwarna putih kecerahan. Tapi tidak setiap bonggol pisang bisa dibuat keripik, hanya bonggol pisang kepok dan  pisang raja yang mempunyai tekstur lembut.

Untuk membuat keripik bonggol pisang cukup mudah. Pertama, memilih bonggol yang berdiameter 12 - 20 cm. Lalu dibersihkan dan dikupas, untuk kemudian dipotong-potong tipis. Potongan-potongan ini direndam dalam air garam untuk menghilangkan getah dan lendirnya.


Proses selanjutnya, potongan tadi diiris tipis, jika perlu cuci lagi dengan air garam dan dikukus hingga empuk jangan lupa taburkan garam secukupnya biar nanti terasa gurih. 


 
 
Tiriskan agar layu. Tahap terakhir sebelum digoreng, celupkan ke adonan tepung yang sudah diberi bumbu seperti bawang putih, garam, ketumbar, telur, dan aroma sesuai dengan varian rasa yang diinginkan.

Rasanya sangat enak, akan terasa lebih mantap lagi jika bertemankan secangkir kopi. Mak nyusss !
♥♥DjB♥♥

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top